“Arsitektur Vernakular Religius, Bali”

 

 

 Dalam dunia Arsitektur, kegiatan lapangan yang mampu menambah wawasan dan motivasi untuk menjadi lebih baik merupakan hal yang sangat dibutuhkan Mahasiswa. Oleh karena itu mahasiswa Arsitektur memerlukan studi literatur dan referensi dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman. Untuk menambah wawasan yang lebih luas dalam kegiatan belajar mengajar, perlu di adakannya studi diluar jam dan sks yang tersedia dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan Kuliah Lapangan.

Sebagai salah satu Provinsi dengan kebudayaan yang bersifat Vernakular dan Religius, Bali mampu memberikan pembelajaran berharga dimana sebuah Provinsi dengan tingkat perkembangan yang begitu pesat tetap mengedapankan aspek kebudayaan dengan tata kelola lingkungan yang mengadaptasi kebutuhuan tradisional. Perbedaan antara budaya Jawa dan budaya Bali, Tentunya akan menciptakan suatu pengalaman dan pembelajaran berharga bagi mahasiswa dan secara ke-ilmuan diharapkan mampu memberikan dampak sosial terhadap masyarakat luas, sehingga hal-hal yang telah diamati di Bali bisa di terapkan di berbagai tempat tanpa merubah budaya dan identitas Bumi Pertiwi.

Kuliah Lapangan yaitu Arsitektur Vernakular Religius di Bali, mengangkat tema “Tri Hita Karana”. Dengan adanya Kuliah Lapangan yang bertemakan TRI HITA KARANA diharapkan menjadi salah satu ajang atau kegiatan yang mampu menjadi pendorong salah satu proses pembelajaran dalam segi desain, struktur, maupun Perancangan Arsitektur. Kuliah lapangan diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan keilmuan di Prodi Teknik Arsitektur UNIKOM.

Dalam rangkaian Kuliah Lapangan ini, para peserta akan mengunjungi Studio Bambu “IBUKU” untuk melakukan beberapa rangkaian kegiatan Workshop yang berkaitan dengan Arsitektur berkelanjutan. Dari segi pendidikan, workshop ini bertujuan agar bisa menjadi pembelajaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bambu.

 

Waktu dan Tempat

Hari / Tanggal           :  Kamis, 29 Agustus 2019 – Selasa 3 September 2019

Tempat                        :

  1. Palasari
  2. Tanah lot
  3. Green School
  4. Ulun Danu
  5. Tanjung Benoa
  6. Kampus Universitas Udayana
  7. Garuda Wisnu Kencana
  8. Monumen Bajra Sandi
  9. Pure Besakhi
  10. Desa Panglipuran
  11. Worshop Bambu Studio (IBUKU)

 

Peserta

Mahasiswa Arsitektur : 21 orang Mahasiswa Arsitektur

Dosen Pendamping : 1 orang

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin

    Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website