PROFILE JURUSAN ARSITEKTUR UNIKOM

 

Seiring dengan MISI Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) serta Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), Program Studi Arsitektur memiliki misi untuk menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam bidang ICT (Information and Communication Technology) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam konteks mengoptimalkan pemanfaatan seluruh potensi ICT di sepanjang proses penyelenggaraan pendidikan, baik pada tataran keterampilan maupun konseptual, sedemikian rupa dapat menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan beragam permasalahan di bidang arsitektur dan industri konstruksi secara umum dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan.

Prodi Arsitektur UNIKOM memiliki beragam bidang peminatan yang tengah menuju Kelompok Bidang Keahlian (KBK) yang meliputi Perencanaan dan Perancangan Arsitektur, Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Kota, Teknologi Bangunan Gedung, Perumahan dan Permukiman, serta Sejarah Teori dan Kritik Arsitektur. Seluruhnya mencakup konteks perencanaan dan perancangan lingkungan binaan mulai dari gedung hingga komunitas serta konteks tapak mulai dari rural hingga urban yang seluruh proses penyelesaian permasalahannya berbasiskan ICT.

Pengetahuan tentang ICT telah diperkenalkan dan diterapkan sejak semester pertama yang berada pada tataran keterampilan hingga semester akhir yang selain berada pada tataran keterampilan lanjut yang juga meliputi pengetahuan dasar tentang hardware, hingga pemanfaatan potensi ICT untuk hal-hal yang lebih bersifat konseptual. Pada bulan Juli 2006 Prodi Arsitektur Unikom mendapat pengakuan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan standar Baik (B). Unikom juga sedang berusaha untuk memenuhi standar ISO 2000 untuk akreditasi universitas dalam bidang kualitas manajemen.

Selain itu, Prodi Arsitektur juga berpartisipasi dalam kegiatan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) dalam rintisan link and match antara dunia pendidikan dan dunia profesi melalui Sertifikasi Profesi, sebagai bukti pengakuan telah memenuhi persyaratan kompetensi arsitek untuk menjalankan praktik ber-arsitektur. Arsitektur Unikom berusaha untuk meningkatkan kualitas seluruh sumber daya manusia berdasarkan prinsip Quality Is Our Tradition dan prinsip link and match sehingga gayut dengan lapangan kerja. Sebagai institusi yang masih baru, tentunya hal ini sangat membanggakan dan menjadi spirit untuk terus melangkah maju menatap masa depan yang penuh tantangan.

Foto_mahasiswaArs

JURUSAN ARSITEKTUR UNIKOM
GEDUNG IV Lt. 6
Jl. Dipati Ukur 112-116, Bandung 40263
Telp. 022 - 2504119, 2503371,2506634
 pesawat 108
Fax. 022 - 2503054
Website: ar.unikom.ac.id
E-mail: jur_ar_unikom@unikom.ac.id

Situs Arsitektur UNIKOM
Oleh Tim Arsitek UNIKOM
three_widi@yahoo.com