STUDIO TUGAS AKHIR

Judul REVITALISASI GEDUNG RUMENTANG SIANG
Tema Menghadirkan Masa Lalu Dalam Konteks Kekinian
Nama Dodi Irawan
NIM

10401028

Pembimbing

Dhini D. Tantarto, Ir., MT

Salmon P. Martana, ST., MT

 

BANDUNG_ANIMATION_CENTER1 BANDUNG_ANIMATION_CENTER2

Dengan semakin terkikisnya apresiasi masyarakat khususnya kaula muda di bidang seni tradisional sudah semakin menghawatirkan, adapun kurangnya wadah pertunjukan seni tradisional yang dapat menarik minat mereka untuk menumbuhkan tradisi-tradisi tempo dulu agar dapat dipertahankan kurang menarik minat mereka untuk sekedar menonton.


Kini di jaman informasi dan globalisasi, pertunjukan seni tradisional kian terpinggirkan. Sebagian generasi muda seperti enggan bila harus bermain alat musik tradisional, memainkan seni peran khas daerahnya, atau bahkan hanya untuk menontonnya. Sebagai contoh untuk kota Bandung, sangat sedikit penonton di Taman Budaya, gedung Rumentang Siang, YPK Naripan. Selain jumlahnya relatif sedikit, mayoritas penontonnya-pun didominasi oleh golongan tua. Sementara berbeda dengan jika diadakan pertunjukan seni-seni luar yang  jelas-jelas kurang memberikan kontribusi untuk mempertahankan budaya dan seni kedaerahan setempat.

Rumentang Siang adalah Gedung Kesenian daerah yang masih digunakan untuk pagelaran kesenian daerah dan seni-seni seperti seni teater, balet dan yang lainnya. Seperti diungkap oleh Yana Mulyana dari Lingkung Seni Putra Mayangsari, "Keberadaan gedung ini (GK Rumentang Siang) sangat membantu. Terutama sebagai tempat mengembangkan dan mengadakan pertunjukan seni Sunda. Bila melihat kegiatan yang dilakukan GK Rumentang Siang sebenarnya tempat ini memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan dan membangkitkan kesenian Jawa Barat. Hampir setiap hari dalam sebulan selalu ada kegiatan, baik latihan ataupun kegiatan pertunjukan teragenda. Kegiatan latihan dan kursus kesenian terjadwal misalnya, tari tradisional, balet, teater, dan lain-lain.


Judul Tugas Akhir yang diambil yaitu “Revitalisasi Gedung Rumentang Siang”, ini dilatarbelakangi semakin minimnya kesadaran masyarakat akan Kesenian pada khususnya kesenian tradisional. Adapun konsep yang melandasi dari judul tersebut yaitu bagaimana Gedung Rumentang Siang dapat dijadikan pusat pertunjukan kesenian dan objek wisata.
Konsep yang diambil berhubungan dengan karakter dari Revitalisasi Gedung Rumentang Siang. Salah satu yang menjadi hal penting ini berkaitan dengan Kesenian dan Objek wisata budaya yang bentuknya didasari dari bentukan gedung lama Rumentang Siang.

 

BANDUNG_ANIMATION_CENTER3 BANDUNG_ANIMATION_CENTER4

 

Selengkapnya

Foto_mahasiswaArs

JURUSAN ARSITEKTUR UNIKOM
GEDUNG IV Lt. 6
Jl. Dipati Ukur 112-116, Bandung 40263
Telp. 022 - 2504119, 2503371,2506634
 pesawat 108
Fax. 022 - 2503054
Website: ar.unikom.ac.id
E-mail: jur_ar_unikom@unikom.ac.id

Situs Arsitektur UNIKOM
Oleh Tim Arsitek UNIKOM
three_widi@yahoo.com